Custom Domain Blogspot yang Aneh


Sudah cukup lama beberapa domain terkurung dalam sangkarnya. Belum tersentuh dan digunakan sama sekali. Setelah seorang temanku menanyakan tentang bagaimana caranya mengubah alamat blog di blogspot, maka aku pun menjawab pertanyaannya dengan mengujicobakan pada blogku.


Ada beberapa domain pada akun registrar name.com milikku. Ku pilih satu domain yang akan ku integrasikan dengan blogspotku. Setelah ku timbang dan ku rasa beberapa saat, akhirnya ku putuskan 1 domain yang ku pilih. Ekstensi domain yang ku gunakan juga berbeda dan bahkan jarang sekali digunakan. 


Pada dasarnya custom domain adalah mengubah nama blog atau alamat blogger menjadi nama sebuah domain yang kita ingingkan. Misalkan nama blogku yang semula bernama : inspirasidihati.blogspot.com menjadi inspirasiapalah.com dan sebagainya.  Nama blog yang kita gunakan pada blogger sebetulnya bukanlah domain utama , melainkan dinamakan dengan “subdomain”.  Subdomain pada blogger ini merupakan nama atau kata yang berada sebelum blogger.com. Misalkan pada blogku : inspirasidihati.blogspot.com, inspirasidihati inilah yang merupakan subdomain sedangkan domain utamanya adalah blogspot.com.


Kali ini  sebuah domainku yang telah lama usang dan berdebu, ku ujikan pada proses custom domain blogspot. Untuk custom domain blogger ini, kita hanya membutuhkan sebuah domain saja. Jadi tanpa perlu hosting. Lalu kita masuk ke control panel domain lalu disetting pada bagian DNS management dan name record. Pengaturan setiap registrar pun berbeda-beda.





Untuk tutorial dan langkah-langkah lengkapnya, akan dibagikan di lain kesempatan ya. Ini dia custom domain yang aneh blogspot ku menjadi nama blog yang aneh. Semula blogku bernama inspirasidihati.blogspot.com menjadi nama blog yang aneh. Benar-benar custom domain blogspot yang aneh. 



Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

2 Responses to "Custom Domain Blogspot yang Aneh"

  1. Hhiii... Enggak aneh Mas, unik kok.

    ReplyDelete
  2. "musikal.band" dapat inspirasi dari mana, Mas? :D

    ReplyDelete