Strategi Promosi Toko Online

Terkadang kita dibuat heran dengan banyaknya upaya yang telah dilakukan namun penjualan produk masih belum meningkat. Alhasil menjelang akhir bulan, kelimpungan. Menjawab permasalahan ini, kali ini saya akan berbagi tips-tips dan strategi menjual atau menawarkan produk dari toko online yang kita buat. Selain itu kita harus melalukan jalan lain lebih dari sekedar update status untuk menstabilkan keuntungan dari bisnis yang kita jalankan tiap tahunnya.

Inilah Strategi Promosi Menawarkan Produk Toko Online Kita


1. Berikan Penawaran Reguler

Sebelum menawarkan produk ke luar, langkah yang mesti kita siapkan adalah siapkan penawaran reguler. Penawaran ini tampil secara berkala kepada pengunjung untuk menarik perhatian pembeli. Sebab jika penawaran biasa-biasa saja, maka kesan yang didapatkan oleh calon pembeli juga demikian. Silakan lakukan promo secara berkala.


Misalkan seperti ini :
Dapatkan diskon khusus hanya untuk minggu ini di hari ibu sebesar 20%. Selanjutnya berikan juga diskon lainnya di hari-hari atau peringatan lainnya. Misalkan diskon 60% hanya selama bulan ramadhan. Penawaran reguler ini diharapkan bisa mempertahankan animo dari pembeli maupun calon pembeli kita.


2. Terapkan Strategi Email Marketing

Database menjadi begitu penting sebagai penunjang bisnis kita. Dengannya kita bisa memberikan penawan-penawaran selanjutnya. Gunakanlah tool pendukung email marketing Anda untuk menjaring leads atau konsumen baru.


Anda bisa menyediakan pop up atau form online khusus bagi pengunjung agar bersedia memberikan data emailnya kepada Anda.


3. Membangun Blog


Blog menjadi penunjang untuk mempromosikan toko online secara tidak langsung. Mulai saat ini bangunlah blog yang berkualitas dan berisikan konten-konten yang informatif dan bermanfaat. Hal ini mampu mengembangkan bisnis online Anda .

Anda dapat menempatkan produk bisnis Anda di sidebar atau banner website. Selain itu Anda juga bisa menyematkan produk dalam tulisan atau artikel.

4. Bekerja Sama Dengan Blogger

Untuk mempromosikan produk toko online Anda, Anda bisa mencoba dengan bekerja sama dengan para blogger. Anda bisa memulainya dengan mengetikkan kata kunci yang berhubungan dengan produk Anda di search engine / google. Ketika muncul blog / website yang ditampilkan dari hasil pencarian, silakan hubungi webmaster atau penulis kontenya. Berikan alasan mengapa Anda menyukai website mereka dan Anda merasa cocok bila produk Anda direview oleh blogger tersebut.

Selanjutnya Anda bisa memberikan gift dan sekaligus sample kepada blogger yang akan mereview produk Anda.


5. Manfaatkan Media Sosial


Media sosial menjadi begitu penting di era ini dalam mempromosikan toko online. Untuk mempromosikannya Anda bisa menggunakan : Facebook, twitter, instagram, pinterest, youtube dan sebagainya. Postinglah status yang berisikan hal-hal yang informatif dan bermanfaat. Lakukanlah hal ini secara teratur. Anda bisa melakukannya 2 atau 3 x sehari.


6. Adakan Kompetisi atau Perlombaan


Kini banyak kompetisi atau perlombaan yang sering kita temui. Mengapa strategi ini tidak kita coba untuk mendongkrak penjualan produk bisnis kita. Kompetisi atau perlombaan ini menjadi salah satu strategi yang tokcer untuk berpromosi sekaligus meningkatkan traffic ke blog kita.

Mulailah dengan menyediakan sebuah atau paket hadiah lalu umumkan di media sosial. Posting secara rutin informasi lomba ini untuk meningkatkan jumlah peserta. Tentukan hadiah, waktu dan deadlinenya. Apabila dirasa belum cukup untuk mengakhiri lomba ini, Anda bisa menundanya beberapa hari ke depan.

Setelah itu, mintalah pemenang untuk memberikan feedback dan testimoni terhadap produk kita. Anda juga bisa meminta foto pemenang bersama produk kita.


Strategi promosi produk dari toko online akan dilanjutkan kembali di artikel berikutnya. Tetap stay tune di blog ini ya.


Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

0 Response to "Strategi Promosi Toko Online"

Post a Comment