Tips Manajemen / Mengelola Banyak Password

Password atau kata sandi kini menjadi bagian dari hidup kita sehari-hari. Saya yakin para pembaca blog ini, pasti memiliki password atau kata kunci khas yang menjadikannya mudah diingat. Mengingat password tak mudah bagi setiap orang. Mungkin kalau passwordnya hanya 1 saja, begitu mudah diingat. Ini pun jika password digunakan pada sebuah akun. Bagaimana dengan mengingat password-password yang lainnya. Misalkan 2 password, puluhan password, ratusan password hingga ribuan password. Tentu hal ini bukanlah hal yang mudah. Lalu bagaimana mengatasinya ? Tenang saja. Mudah sekali untuk mengelola akun dan password yang bejibun tanpa harus mencatatnya.

Tips Manajemen / Mengelola Banyak Password atau Kata Sandi


Kamu cukup menggunakan software tambahan yang harus kamu install terlebih dahulu. Setelah diinstall, software ini akan terintegrasi dengan browser seperti mozilla firefox, google chrome, opera dan sebagainya. Software yang membantu kamu mengelola password agar aman dan gak kehilangan karena lupa adalah :

  1. Roboform
  2. Lastpass
  3. KeePass
  4. NIS
  5. 1Password
  6. SplashID
  7. Dashline

Sudah bertahun-tahun saya menggunakan roboform. Yang pasti sudah 3 tahun lebih saya menggunakannya. Roform sangat membantu saya mengelola banyaknya akun dan password yang saya miliki. Memori saya terbatas, gak mampu mengingat semua akun yang ada. Di roboform ini juga ada fitur catatan yang bernama "safenotes". Di fitur inilah kamu bisa membuat catatan yang bisa kamu lihat bila kamu lupa.

Sejauh ini software roboform yang nyaman dan paling oke saya gunakan. Bagaimana cara menggunakan roboform ini. Langkah-langkah menggunakan roboform adalah sebagai berikut :


  1. Download dan install roboform di situs roboform 
  2. Setelah terinstall, kamu akan diminta untuk membuat master password. Jangan sampai lupa master password ini ya.
  3. Lalu, coba kamu login ke sebuah situs atau akun media sosial kamu, misalkan facebook, twitter dan sebagainya. Setelah login ke akun tersebut, akan muncul notifikasi dari roboform untuk menyimpan akun ke roboform. 
  4. Akun yang tersimpan tersebut, bisa kamu akses kapan saja. Kamu bisa mengakses akun kamu yang tersimpan di roboform pada gambar di bawah ini 


Dari gambar di atas bisa kita lihat bahwa ada toolbar atau simbol roboform pada browser. Browser google chrome yang saya gunakan dalam kasus ini (lihat di angka 1 yang saya lingkari). Lalu kolom yang ditunjukkan oleh angka 2, silakan ketikkan akun yang akan kamu gunakan.

Demikianlah sharing pengalaman saya mengelola banyaknya akun dan password / kata sandi. Simak juga tips mengelola banyak email di artikel saya sebelumnya di "cara mengelola banyak email". Menggunakan roboform ini memang berbayar. Namun apa salahnya kalau kamu mencoba versi trialnya. Selamat mencoba ya. Bila perlu penjelasan lebih lanjut, akan saya sampaikan di lain kesempatan ya.


Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

2 Responses to "Tips Manajemen / Mengelola Banyak Password"