Tips Mengelola Banyak Email



Kali ini saya ingin berbagi tips bagaimana mengelola banyak email. Terkadang mengingat 1 email saja sulit bagi seseorang. Ada kan yang seperti ini ? Mungkin banyak kita temui. Saya juga kadang suka lupa kok password sebuah akun. Akun bukan cuma email saja bukan. Masih banyak lagi akun-akun yang lainnya. Dalam sebuah keperluan, terkadang kita membutuhkan lebih dari 1 email. Teman-teman pun demikian. Saya sarankan buat email lebih dari 1. Pisahkan email utama dengan email lainnya. Email lainnya ini dimaksudkan apabila email kita berisikan email-email promosi atau email spam.

Sedangkan email utama ini merupakan email yang berisi pesan-pesan penting saja. Teman-teman kalau mendaftarkan emailnya dari sebuah situs, siap-siap menerima email penawaran ya. Kamu tahu kan email mana yang akan didaftarkan apabila nantinya mendapatkan email promosi atau bahkan spam. Teman-teman emangnya mau email utamanya di spam terus ? Kalau gak mau, dipisahkan ya. Buatlah email yang lainnya. Beberapa email seperti ini , pasti ada gunanya kok. Yang dikhawatirkan oleh para pengguna email adalah suka lupa password atau bahkan emailnya sendiri. Bagaimana cara mengatasi hal ini ? Inilah tips dari saya berdasarkan pengalaman mengelola banyak email.

Tips Manajemen atau Mengelola Banyak Akun Email


1. Agar Gak Lupa Password

  • Gunakanlah password yang mudah diingat
  • Usahakan tambahkan kombinasi angka-angka 
  • Gunakan "pola". Misalkan email pertama menggunakan password : 11 , maka password kedua menggunakan password : 22 . Silakan kombinasikan sesuai dengan intuisi kamu. Ini tujuannya hanya agar mudah diingat saja
  • Bila kiranya password terlalu mudah ditebak, misalkan menggunakan tanggal kelahiran atau sebuah nama dan sebagainya, maka perkuatlah keamanan security emailnya
  • Kalau perlu tambahkan karakter (yg ini gak penting-penting banget kok
  • Untuk security / keamanan email , bisa menambahkan :
- Email recovery 
- Nomor telepon

Kedua data ini berfungsi untuk backup bila suatu saat akun email kita dicuri / dihack atau mengalami masalah saat akan login. Bila menggunakan gmail, pengaturannya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.



Kalau teman-teman menggunakan gmail, keamanan / security bisa dilihat di menu di atas. Menu ini bisa diakses dari My Account.


2. Gunakan Google Documents

Google documents sangat berguna bagi kita untuk mengolah sebuah data, termasuk untuk mengelola banyak akun email. Pada pembahasan kita kali ini, yang sangat berperan untuk mengelola banyak data email kita adalah Google Spreadsheet atau Google Sheet. Untuk mengaksesnya langsung, silakan klik link ini : Google SpreadsheetLalu klik simbol plus pada tanda panah untuk membuat dokumen spreadsheet baru.

Mengapa saya gunakan google sheet ini ? Karena saya bisa mengakses kapanpun dan dimanapun setiap kali terhubung dengan internet. Lalu setelah membuat email baru, saya akan menambahkannya di list baru.




Saat ini ada ratusan email yang tercatat dalam sebuah dokumen dengan menggunakan google spreadsheet ini. Dari layanan dokumen ini kita bisa menambahkan banyak keterangan pada masing-masing kolom yang tersedia. Manajemen banyak email saya seperti ini :


Dari dokumen yang kita buat, bisa ditambahkan keterangan-keterangan seperti :

  • Daftar email
  • Daftar password
  • Nama blog
  • Akun media sosial
  • Keterangan tambahan lainnya

Cukup mudah bukan ?? Masih banyak lagi yang bisa kamu lakukan dengan google spreadsheet ini. Kamu bisa mengembangkannya dengan kreasi dan kebutuhan kamu.

Demikianlah sharing saya tentang bagaimana mengelola banyak akun email. Dengan tips ini, data-data banyaknya akun email kamu bisa tersimpan dengan aman dan rapi. Jadi kamu bisa mengakses data-datanya jika dibutuhkan. Bila ada pertanyaan, silakan disampaikan ya. Terima kasih.


Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

1 Response to "Tips Mengelola Banyak Email"

  1. Saya sekian email 1 password kak. Bahaya apa tidak?

    ReplyDelete