Sengketa yang Terlupakan

Hari ini ku nyalakan komputer kemudian ku buka email rasanya cukup mengagetkan. Ku bu buka email, ternyata aku menerima banyak email dari sebuah payment gateway terkenal yaitu payza. Payza juga berfungsi sebagai alat pembayaran luar negeri sama seperti halnya paypal. Dengan payza kita bisa bertransaksi dengan siapapun pengguna payza lainnya.




Email yang ku buka ini berisikan banyak email dari payza berisi tentang dispute yang telah ku lakukan beberapa bulan lalu. Aku pun sampai lupa bahwa beberapa bulan lalu aku telah mengajukan dispute. Dispute ini merupakan sengketa terkait dengan penipuan yang dilakukan oleh seseorang yang transaksi denganku.  Waktu itu aku bertransaksi dengan seorang yang menawarkan program investasi online. Tawarannya cukup menggiurkan. Profit program bisnis ini adalah 20% dari modal awal setiap 3 harinya. Jadi kita akan mendapatkan profit 100% dalam 15 hari. 


Sebelum mengikuti program ini awalnya aku pun ragu. Temanku telah membuktikan bahwa dia berhasil pay out atau menarik dananya dari program ini. Ia pun mengatakan program yang dia ikuti selama ini benar-benar terbukti membayar. Ia pun memberikan trik-trik cara main amannya. Akhirnya aku bergabung dalam program bisnis ini dan siap dengan segala resikonya.

Aku pun deposit dan membeli sejumlah dana dalam mata uang dollar dari rekanku. Beberapa hari kemudian di dashboard atau akun program ini, memang memberikan profit. Semakin hari profit semakin bertambah. Namun curiga muncul ketika setelah selang 1 minggu kemudian, program ini tak lagi memberikan profit. Ku tanyakan hal ini pada rekanku, ia pun juga mengalami hal yang sama.

Akhirnya dispute atau payza ku ajukan untuk menyelamatkan dana yang telah ku tanamkan dalam program bisnis ini. Cukup banyak dana yang ku investasikan dalam program ini. Aku cek di group memang program ini tak lagi membayar member-membernya. Akhirnya program bisnis yang bermodel revenue sharing ini dinyatakan sebagai scam atau penipuan.

Untuk mendaptkan respon dari Payza sendiri mengenai sengketa ini, aku harus menunggu selama sekitar 2 bulan lamanya. Apa yang didapat dari sengketa yang ku ajukan ini ? Sayang sekali dari sengketa atau dispute yang ku lakukan untuk memperjuangkan hakku, hanya dibayar 30 % saja oleh payza. Aku merasa payza tak adil. Semoga saja dengan apa yang ku alami ini, teman-teman sekalian tak mudah tergiur dengan tawaran-tawaran program bisnis yang menggiurkan.

Bukan hanya untuk teman-teman, hal ini tentu saja memberikan pelajaran yang berarti untuk diriku sendiri. Semoga sengketa yang terlupakan ini bisa menghimbau kita agar lebih berhati-hati sebelum terjun ke dalam sebuah program bisnis.


Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

8 Responses to "Sengketa yang Terlupakan"

  1. Hm... jaman skrg makin byk investasi gak jelas ya.
    Nice share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul makin banyak model bisnis online skrg, jdi kita mesti lebih berhati2 :)

      Delete
  2. Suka main BO bang ? Aku juga pernah di tipu BO lokal

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aa Gilang, lain kesempatan mesti lebih teliti dan hati ^_^

      Delete
  3. waduh kak... bener2 pelajaran yang berharga.. semoga tidak t ulang kembali aamiin. terima kasih sudah berbagi kak (y)
    Paypal dan payza itu apaan ya kak? masih kurang mengerti :') maafkan kak... sy gaptek soalnya huhuh T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, makasih atas perhatiannya :D paypal & payza itu semacam alat pembayaran, bisa juga diartikan sebagai bank virtual atau online. Dengan saldo / uang di dalamnya kita bisa belanja online :)

      Delete