Gempa Kembali Mengguncang Kawasan Sumatra Barat


Bumi Indonesia kini kembali dilanda bencana. Semalam tepatnya pada tanggal  2 Maret pada pukul 19.49 WIB , gempa kembali terjadi di perairan dengan jauh sekitar  650 km sebelah barat daya Kepulauan Mentawai, dengan kedalaman sekitar 10 km.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau biasa dikenal sebagai BMKG mengatakan bahwa gempat tersebut berpotensi meratakan Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh hingga kota Bengkulu. Gempa dirasakan oleh warga Payakumbuh setidknya selama satu hingga dua menit.
Saya yang  tidur, jadi terbangun, karena goyangannya terasa kuat, maka saya bergegas keluar dan berlari. Goyangannya ke kanan dan kiri, berbeda dengan gempa besar yang terjadi sebelumnya, ungkap Dika yang merupakan seorang warga Payakumbuh. 


Ketika gempa makin terasa kuat, masyarakat langsung ke luar rumah. Sejauh ini tidak ada kerusakan berat yang terjadi.Gempa bumi yang terjadi di kawasan Kepulauan Mentawai bukanlah yang pertama kalinya. Sebelumnya telah terjadi gempa yang sama yaitu pada tahun 2010, gempa bawah laut berkekuatan 7,7 pada skala Richter menggoyang kawasan tersebut. Gempa yang disusul tsunami pada waktu itu telah mengakibatkan setidaknya 23 orang menjadi korban dan ratusan warga hilang. 

Gempa berkekuatan besar ini menghasilkan gelombang pasang yang pada akhirnya menerjang ratusan rumah pada setidaknya dua desa di area pesisir di Pulau Pagai dan Silabu.

Kedua pulau tersebut bagian dari gugusan Kepulauan Mentawai yang terpencil dan berpenduduk jarang. Sebanyak puluhan orang meninggal dunia saat itu. Mungkin kita juga takkan lupa pada gempa yang lebih dahsyat yaitu gempa yang memporakporandakan kota Aceh pada 26 Desember 2004  silam dengan kekuatan 9,1 Richter.

Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

9 Responses to "Gempa Kembali Mengguncang Kawasan Sumatra Barat"

  1. alhamdulillah yang sekarang engga sampai terjadi tsunami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya syam.. jangan sampe deh, Amin :)

      Delete
  2. alhamdulillah yang sekarang engga sampai terjadi tsunami

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya syam.. jangan sampe deh, Amin :)

      Delete
  3. innalillah.. kasian banget yah .. nyaris udah jadi sinyal tsunami di mentawai kmarin malam .. alhamdulillah tsunami nggak kejadian :')
    mesti deket2 sama Tuhan lagi :''')
    thx infony mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, mesti lbih dket sama Tuhan lagi :) .. trima ksih dah berkunjung ya :)

      Delete
  4. innalillah.. kasian banget yah .. nyaris udah jadi sinyal tsunami di mentawai kmarin malam .. alhamdulillah tsunami nggak kejadian :')
    mesti deket2 sama Tuhan lagi :''')
    thx infony mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, mesti lbih dket sama Tuhan lagi :) .. trima ksih dah berkunjung ya ^_^

      Delete
  5. semoga Allah melindungi mentawai .

    ReplyDelete