Kimia yang Berkesan

Sebelumnya aku tak pernah menyangka bila di kelas 1 SMA aku sudah mendapatkan pelajaran kimia. Pelajaran ini sepintas terdengar seperti pelajaran yang rumit. Memang rasanya cukup menantang ketika harus mengenal kimia lebih jauh lagi. Meskipun sulitnya seperti apa dan rumitnya cukup membingungkan, namun pelajaran ini harus diterima. Masih ingat jelas bagaimana setiap siswa dan siswi diminta oleh sang guru kimia untuk memperkenalkan dirinya dan cita-citanya. Isi pikiran dan visi kami pun berbeda-beda.



Beberapa kali mendapatkan pelajaran kimia makin lama kok beda rasanya. Yang semula rasanya begitu awam dan begitu menantang, lama-lama pelajaran ini makin asik. Saat masih di kelas 1 itu, aku juga masih ingat bagaimana semua dari kami mendapatkan tugas untuk menghafal SPU (Sistem Periodik Unsur) yang kemudian kami harus menyebutkan semua unsur-unsur yang telah kami hafal di depan guru kimia.

Guru kimia ku mengatakan bahwa menghapal unsur-unsur ini adalah wajib hukumnya. Mengingat-ngingat unsur sebanyak ini tentu saja bukan hal yang mudah bagi kami. Ada beberapa siswa yang sampai terbata-bata mengucapkan unsur demi unsur. Karena tugas menghapal unsur-unsur ini sampai sekarang aku masih ingat sebagaian besar unsur yang ada pada sistem periodik unsur.

Ternyata pelajaran kimia cukup mudah dipelajari, tak sesulit seperti yang ku kira sebelumnya. Beberapa kali ulangan sekolah dan ulangan mid semester, alhamdulillah aku mendapatkan nilai yang cukup baik. Beberapa kali pelajaran kimia ini diujikan, karena guruku menilaiku cukup berpotensi dan mampu berkompetisi maka aku diikutkan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler khusus yaitu olimpiade kimia yang diadakan sepulang sekolah.

Materi yang diajarkan di kegiatan ekskul olimpiade kimia ini jauh berbeda dengan pelajaran yang kami terima biasanya. Materi yang kami terima lebih rumit dari biasanya. Kebetulan aku mengikuti ekskul bersama beberapa teman di ruangan yang sama. Tak banyak, tak lebih dari 5 orang yang bersamaku mengikuti ekskul olimpiade kimia ini. Rupanya materi yang diberikan adalah pelajaran-pelajaran yang diberikan untuk kelas 2 dan 3 SMA. Mau gak mau, aku harus menerima ilmu ini karena pihak sekolah melalui guruku telah mempercayakan kepadaku sebagai perwakilan sekolah kami untuk berkompetisi.


Bersambung..




Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

2 Responses to "Kimia yang Berkesan"