Gerhana Matahari Total yang Sempurna


Fenomena alam yang langka gerhana Matahari Total yang terjadi pada tanggal  9 Maret 2016 akan menjadi peristiwa menarik dan yang paling menarik perhatian masyarakat Indonesia hingga masyarakat dunia. Mereka pun berbondong-bondong keluar seakan-akan tak ingin ketinggalan menyaksikan. Fenomena gerhana matahari yang langka ini bisa disaksikan dari Indonesia bagian barat ke timur.

Mungkin kita bertanya-tanya, bagaimana peristiwa gerhana matahari ini bisa terjadi ?




Mari kita ketahui lebih dalam lagi, gerhana matahari terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi pada saat yang bersamaan berada pada satu garis. Hal inilah yang menjadikannya sebuah fenomena langka. Saat fenomena gerhana ini terjadi, posisi bulan berada di antara bumi dan matahari, sehingga bagian bulan yang dinamakan piringan bulan akan menutupi piringan Matahari. 



Bagaimana dengan gerhana matahari total ? 

Saat terjadi gerhana matahari total, seluruh permukaan matahari tertutupi oleh bulan. Saat matahari mulai tertutup hingga cahaya Matahari tak lagi terlihat, kita  bisa melihat korona atau mahkota Matahari. Pada saat yang bersamaan, saat matahari tertutup oleh bulan, kita juga bisa  mengamati adanya indahnya cincin berlian yang tampak. Tahukah kamu, saat gerhana matahari ini terjadi, kita juga bisa lhoh melihat bintang dan planet yang biasanya terhalang karena panas dan teriknya matahari. Bahkan setidaknya ada 4 planet yang bisa terlihat dengan menggunakan teropong bintang atau kamera khusus.Luar biasa bukan ? Fenomena alam ini benar-benar menakjubkan. 

Masa ? Apa saja planet yang bisa kita lihat saat gerhana ini terjadi ? Selama ini baru 4 planet yang berhasil ditemukan saat matahari tertutup oleh bulan ini. Planet-planet tersebut adalah planet Merkurius, Venus, Mars dan Jupiter. Bukan hanya itu, masih ada bintang-bintang besar yang lainnya yang begitu indah menghiasi angkasa.


Dengan fenomena alam yang begitu menawan ini, kita ditunjukkan betapa besarnya karunia dan kebesaran Tuhan. Kita hanyalah manusia yang tampak begitu kecil yang hidup dalam luasnya jagad raya alam semesta.

Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

5 Responses to "Gerhana Matahari Total yang Sempurna"

  1. kerennnn....semoga kita selalu mengingat kebesaran-Nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih.. Betul, betull, kejadian ini akan mengingatkan kitak kepada kebesarannya :)

      Delete
  2. semoga makin meneguhkan keimanan kita kepada Sang Maha Penguasa Jagad Raya, Allah SWT.

    ReplyDelete