Waduuh.. Pengiriman Paket JNE Lama Sekali

Hari ini aku  membagikan pengalamanku yang bagi diriku pribadi merupakan pengalaman yang cukup melatih kesabaran. Mengapa melatih kesabaran ? Ya, bagi kita menunggu merupakan hal yang menjemukan bukan. Di saat kita mengharap sesuatu yang kita harap cepat, sesuatu yang kita butuhkan dengan mendesak, namun yang kita inginkan itu tak kunjung tiba juga. Maka dari itu, aku akan menceritakan kisahku mengenai menunggu. Bukan cuma menunggu saja, hal ini juga sekaligus kekesalanku. Namun dari kisah ini tentu menyadarkan kita akan arti kesabaran.

Begini ceritanya, beberapa hari yang lalu saya berbelanja online. Zaman sekarang sudah zamannya belanja online. Masa sih ? gak tahu juga ding. Itu kata mereka. Sebagian besar hatiku juga berkata yang sama. Pesatnya perkembangan dan majunya teknologi, terus mendorong setiap aktifitas manusia agar menjadi lebih mudah dan efesien.

Seperti saat ini, setiap aktifitas bisnis kini lebih dimudahkan dengan kehadiran aplikasi. Aplikasi yang terhubung dengan koneksi internet, mampu meruntuhkan setiap pemilik usaha konvensional. Jadi, mau tak mau agar setiap pelaku usaha agar bisa bertahan harus mengikuti perkembangan zaman.
Kembali kepada kekesalan kecil yag kini sudah pudar mengenai belanja toko online. 


Toko online ini juga merupakan salah satu marketplace yang terbesar di Indonesia. Ya, siapa yang tak kenal Tokopedia. Dari pelayanan kurir yang digunakan oleh seorang penjual di Tokopedia inilah yang memunculkan kekesalanku.Bagaimana tidak kesal ? Biasanya pengiriman paket atau barang dari kurir JNE sesama Jakarta, untuk reguler hanya membutuhkan waktu 2 hari saja. Bahkan kadang hanya 1 hari saja. 1 hari itu tempo dulu. Kini rata-rata layanan reguler membutuhkan waktu 2 hari.

Eitt, namun itu beberapa bulan yang lalu. Kini tidak lagi. Layanan reguler JNE bisa membutuhkan waktu jauh lebih lama. Aku sendiri sudah melakukan pemesanan barang dengan menggunakan JNE sebagai layanan kurirnya. Lamanya pengiriman pun bervariasi. Pengalamanku sebelumnya, pengiriman barang tiba setelah 1 minggu setelah proses pesanan atau pengiriman dari penjual untuk tiba ke tempat pengiriman.

Kronologinya seperti ini, mulai dari pesanan barang hingga tiba di tempat.



Bisa kita lihat bersama, saya melakukan pesanan sekaligus dengan pengiriman paket pada tanggal yang sama, yaitu tanggal 10 Maret 2016. Beberapa hari kemudian saya menunggu. 2 hari kok masih belum sampai. Lalu keesokan harinya aku masih menunggu dengan sabar. 3 hari , 4 hari masih belum sampai juga. Ada apa ini ? Akhirnya beberapa hari lagi menunggu dengan begitu sabar, paket akhirnya tiba di tempat. Untuk tiba di tempat, membutuhkan waktu sekitar 6 hari. Ini pun belum termasuk komplain yang saya layangkan kepada seller setelah melihat kondisi paket seperti ini.



Bagaimana kondisinya, oke gak ? Wadduh,, nyaris gak berbentuk ya :D Teman-teman kalau pesan barang yang rawan pecah, segera hubungi penjualnya agar paket pesanannya dilapisi bubble wrap atau packing kayu ya. Kalau gak, nanti bisa seperti paket yang aku terima ini.


Paket penyok, seller mengirim barang pesanan dengan keadaan yang memprihatinkan. Tanpa pelindung, tanpa asuransi dan tanpa proteksi. Padahal biaya pengiriman sebesar 27 ribu untuk 3 kg dan biaya asuransi tambahan. Padahalnya lagi, kalau ditotal paket ini gak ada kok beratnya sampai 3 kg. Isinya cuma aksesoris komputer ringan kok, seperti flashdisk, usb dan aksesoris smartphone.

Lebih memilukan lagi, aku memesan barang di sebuah martketplace juga yang merupakan situs ecommerce marketplace terbesar di Indonesia yaitu Bukalapak, namun apa yang didapat ? Jauh lebih menguji kesabaran. Mengapa ? Sejak pesanan dan pengiriman dilakukan oleh seller hingga kini menginjak hari ke 8, barang itu pun masih belum kelihatan batang hidungnya.

Waduh,, sampe 8 hari ? Iya, beneran. Ini buktinya.Coba lihat kapan pesanan dikirim dan sudah memasuki hari ke berapa ini ? Juga lihat histori terakhirnya.



Dengan pengiriman yang bisa dibilang begitu payah. Aku tidak mengatakan pengiriman menggunakan layanan JNE parah namun kami pengguna layanan kurir ini berharap untuk meningkatkan performa layanannya terhadap pelanggan. Kan kasian kurirnya juga kalau tidak ditambah armadanya.

Dengan ini, dari apa yang kutuliskan ini sekaligus memberikan pelajaran berharga bahwa pentingnya kesabaran dan tak terlalu berharap banyak pada dunia. Cukup Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang yang jadi sandaran. Berharap pada manusia hanya akan melahirkan kecewa, berbeda jika kita terus berharap dan menjadikan Tuhan sebagai tempat mengadu dan sandaran.



Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

9 Responses to "Waduuh.. Pengiriman Paket JNE Lama Sekali"

  1. Selama beli di Bukalapak, alhamdulillah, saya puas. Di Lazada saya mengalami ketidak puasan. Eh, jadi curhat ya..hehehe..bener kuncinya sabar deh..

    ReplyDelete
  2. Wah, pengalaman saya beda lagi. Barang tak sampai. Kembali kepada pengirim. Alasannya alamat tak dikenali? Weleh...aneh toh! Padahal sebelumnya dapat paket dari mana-mana aman saja. Dengan alamat yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kayak gitu, biasanya pengirim ada kesalahan tulis alamat, atau kekurangan lebgkapnya data alamat mba. Bisa juga pihak jne nya ngetiknya salah. Banyak kemungkinan sih.

      Delete
  3. iyaa beneer sy juga lg nunggu barang dr jne sejak senin.. pdhl cma sidoarjo-sby, :((

    ReplyDelete
  4. Kadang cargo kalau sdh bnyk paketan sprti itu MBA.kita sbg pelanggan berhak melayangkan VOC (voice of customer) agar pelayanan mereka lbh baik lagi.

    ReplyDelete
  5. Bisa dijadikan bahan pertimbangan ini

    ReplyDelete
  6. Aku online baru pernah belanja dinlazada. Dan cepet. Kebetulan kali yah. Hehehe. Semakin banyaknya transaksi dgn tidak dibarengi petugas. Jadi ya keteteran petugasnya.

    ReplyDelete
  7. Kalau aku ada 2 paket neh pengiriman tgl 3 sampe sekarang belum ada kabar😢😢😢

    ReplyDelete
  8. Belum punya pengalaman buruk ketika belanja online.tp harus waspada juga

    ReplyDelete