Cara Menampilkan File yang Tersembunyi di Flashdisk

Pernah gak kamu mengalami hal dimana kamu cek flashdisk yang isinya cuma beberapa file tapi memory space atau limit memorynya hampir penuh. Mungkin teman-teman pernah mengalami kejadian seperti yang ku alami. Kejadian ini membuat kita bertanya-tanya, kenapa bisa begini ? File yang besar sehingga membuat memory hampir penuh, ke mana larinya ? Hal ini juga yang membuat kita berpikir bahwa ada kemungkinan ada file besar yang tersembunyi atau secara sengaja dia bersembunyi.


Pengalaman ini sering sekali ku alami, lebih seringnya terjadi di flashdisk. Dari banyak pengalaman yang ku alami mengenai hal ini, ini ada hubungan eratnya dengan antivirus. Memang beberapa antivirus yang tidak mampu membuat pertahanan menangkal serangan-serangan seperti worm, trojan, malware dan virus-virus lainnya. Dari banyaknya pengalaman dan kesimpulan yang bisa ku simpulkan adalah sebaiknya teman-teman tidak menginstall antivirus yang lemah.


Sebelumnya aku meminta maaf bukan menyudutkan atau menjelek-jelekkan produk lokal. Ini berdasarkan pengalaman yang benar-benar ku alami. Dari banyaknya kasus dimana terjadi file yang tersembunyi atau hidden files, banyak dialami oleh pengguna antivirus lokal seperti smadav. Saat itu memang smadav belum mampu mengatasi berbagai serangan yang disebabkan oleh trojan, worm dan varian virus lainnya. Sampai saat ini aku belum mencoba menginstall smadav. Mungkin teman-teman bisa mencobanya sendiri dan lihat hasilnya, lalu disharing di sini.


Pernah dalam 1 komputer sampai ku install 3 antivirus. Jadi selain ada antivirus juga ada anti malware. Padahal dalam 1 perangkat komputer, kita tidak perlu menginstall banyak antivirus seperti ini. Cukup gunakan 1 antivirus yang handal. Banyaknya antivirus yang terinstall akan menyebabkan konflik antara satu antivirus dengan antivirus lainnya. Selain itu, banyak antivirus yang terinstall juga hanya akan membuat penggunaan memory RAM menjadi berlebihan sehingga kinerja komputer menjadi lebih lambat.


Memang cukup banyak kasus yang disebabkan oleh antivirus, dimana salah satunya adalah virus menduplikasi banyak file hingga berukuran besar namun ia bersembunyi. Bagaimana cara memunculkan file yang tersembunyi ini ?






Untuk mengatasi file yang tidak muncul seperti ini atau dikenal sebagai hidden files (file yang tersembunyi), tidak bisa pakai cara biasa. Kebanyakan antivirus belum bisa mengatasi hal ini. Mungkin saat ini sudah ada antivirus yang bisa, namun di sini aku akan sharing bagaimana cara yang  paling mudah untuk memunculkan kembali file yang tersembunyi ini. Caranya adalah sebagai berikut :

Cara Menampilkan File yang Tersembunyi (Hidden Files) Dengan Attrib Comamnd Prompt


1. Klik tombol Windows di sudut kiri bawah

2. Tulis perintah cmd maka akan muncul cmd di atas, lalu kllik cmd




3. Cek lokasi atau directory flashdisk kamu

Misalkan dalam hal ini : Directory disk yang ingin kamu tampilkan misalkan punya ku di sini adalah H






4. Masukkan perintah ini di command prompt cmd yang terbuka :

 

attrib -h -r -s /s /d  H:\*.*



H yang ditunjukkan di atas adalah lokasi directory flahdisk, jadi sesuaikan dengan punya kamu ya. Misalkan directory USB flashdisk kamu itu E atau F atau G, tinggal ganti huruf H di atas dengan directory flashdisk punyamu.


5. Kalau sudah yakin, lalu tekan Enter... tarraaaa...

File-file yang tersembunyi dan tidak tampak sebelumnya, akan muncul dengan menggunakan metode attrib command promp ini.


Silahkan dicoba trik ini. Trik ini simple tapi powerful, benar-benar ampuh.

Demikianlah sharing mengenai tutorial bagaimana caranya menampilkan file-file yang tersembunyi di flashdisk dengan cara yang paling mudah. Cara ini ku gunakan setiap saat, selalu ingat-ingat ya karena perintah command prompt ini akan sangat berguna di saat kita mengalami masalah yang sama seperti ini.

Selamat mencoba, apabila ada pertanyaan, silahkan disampaikan.



Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

2 Responses to "Cara Menampilkan File yang Tersembunyi di Flashdisk"