Membuat Blog yang Abadi


Memang di dunia ini tak ada yang abadi karena pada akhirnya semua akan kembali kepada Sang Illahi. Namun setidaknya ketika kita meninggalkan manfaat  terutama melalui tulisan kita, tentu saja akan memberikan nilai yang abadi hingga tiba hari akhir. Memang benar di tak ada yang selamanya abadi, termasuk yang kita miliki. Satu per satu yang terbaik yang kita miliki pada akhirnya akan sirna.


Tidakkah kita menginginkan mengukir hal-hal yang bermanfaat melalui tulisan kita ? Pernah terpikirkah ternyata coretan-coretan yang kita goreskan ternyata mmampu menginspirasi banyak orang ? Untuk terus memberikan manfaat lebih lama kepada orang banyak atau mereka pembaca kita, yang bisa kita mulai adalah dengan membangun blog yang abadi. Seperti apakah blog abadi itu ?




Blog yang abadi adalah blog yang berisikan tulisan-tulisan yang akan selalu ada hingga hari akhir. Ya, hari akhir dengan kata lain hari kiamat. Tulisan-tulisan kita akan terus bertahan meskipun terus terguncang oleh berbagai macam ujian dan terpaan.Meskipun diombang-ambing oleh ombak lautan hingga menabrak karang bahkan goncangan gempa bumi dan disapu oleh tsunami, blog yang abadi akan tetap tegar berdiri.


Blog yang abadi masih akan tetap hidup meskipun diri kita telah tiada. Mungkin diri kita telah meninggalkan dunia, namun tidak dengan tulisan kita. Langkah utama untuk membangun blog yang abadi adalah dengan menggunakan platform blog yang memberikan fasilitas yang bisa dibilang tak terbatas. Meskipun fitur yang ditawarkan tidak semewah layanan blog yang berbayar, namun kemampuannya inilah yang  mampu terus menyangga blog kita sebagai blog yang abadi.


Blog yang abadi takkan terpancang oleh banyaknya tagihan dan beban akan berbagai macam biaya. Tagihan-tagihan ini seperti tagihan hosting yang bisa dibilang tak sedikit. Selain itu masih ada lagi tagihan domain dan masih banyak lagi tagihan dari layanan-layanan lainnya yang kita gunakan. Kita takkan bisa membuat blog yang abadi ketika kita ditagih oleh tagihan seperti ini. Pada gambar invoice atau tagihan domain ini, di luar kendali dalam arti lain, tanpa sepengetahuan saya banyaknya domain ini melakukan renewal atau perpanjangan domain secara otomatis. Kaget juga ketika menerima notifikasi di email saya bahwa domain-domain ini ternyata sudah diperpanjang secara otomatis. Hal inilah yang mengakibatkan beban tagihan semakin besar.


Tagihan banyak domain

Apa bisa diri kita juga bisa membangun blog yang abadi dengan adanya tagihan hosting seperti ini  ? Ini adalah tagihan pada hosting yang masuk di email milik saya. Mau sampai kapan kita akan terus ditagih seperti ini ?


Besarnya tagihan hosting 


Di atas adalah baru sebagian tagihan, jika kita menggunakan layanan premium atau berbayar dan semakin banyak beban pada website kita tentu saja biaya yang dikeluarkan akan semakin banyak. Mungkin kita bisa saja menyerahkan tagihan-tagihan seperti ini dengan menyerahkan kepada ahli waris kita Namun jangan lupa, diri kita dan ahli waris kita tak selamanya ada. Berapa banyak biaya yang akan kita habiskan dalam rangka membangun blog yang abadi seperti ini ? Kita tentu saja tak ingin membebani mereka dengan tagihan-tagihan ini. Saat tagihan-tagihan seperti ini tak terbayarkan maka blog yang telah kita bangun akan mati dengan kata lain tak dapat diakses.


Langkah awal membangun blog yang abadi adalah dengan menggunakan platform yang free 100% alias gratis dengan kemampuan server yang super. Setiap layanan yang kita gunakan, kita takkan dibebani tagihan. Untuk itu gunakanlah Blogger sebagai platform blog Anda sebagai langkah awal untuk membangun blog yang abadi. Income google sangatlah besar untuk terus menyokong blog kita untuk tetap ada sampai hari akhir. Insya Allah.


Ada kebahagiaan tersendiri ketika kita memberikan informasi atau sharing mengenai pengalaman yang memberikan manfaat dan nilai positif kepada pengunjung blog kita. Ayo buat blog yang bermanfaat meskipun tulisan kita sederhana dan apa adanya. Melalui tulisan-tulisan positif kita yang kita ukirkan di blog abadi yang kita ciptakan akan memberikan manfaat kepada mereka yang membutuhkannya lebih lama, sampai hari akhir.

Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

12 Responses to "Membuat Blog yang Abadi"

  1. Oh...jado masuk blogger.com sudah tepat ya kak *_*

    ReplyDelete
  2. Saya sdh membuat blog yg abadi Mas tran, hhee... Tinggal mengisinya dgn yg bermanfaat.

    Mksii sdh berbagi ilmu (y)

    ReplyDelete
  3. Wah...
    MasyaAllah. Kerenlah nii..

    Semoga apa yang tertuang mampu memberi manfaat dan bisa diambil banyak pelajaran...
    Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin.. yukk kita buat tulisan yg bermanfaat ^_^

      Delete
  4. Kalau gratis, kira-kira ada kemungkinan nggak bakal ditutup oleh google?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumber income google banyak ka Lisa.. gak perlu khawatir ya.. ^_^

      Delete
  5. Semoga blog saya kelak akan abadi ☺
    Aamiin.

    ReplyDelete
  6. semoga tulisan kita selalu bermanfaat bagi yang membacanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin k Wid.. smangat menuliss yukkk

      Delete