Menulis Dengan Teknik ATM


Menulis konten untuk blog bukanlah perkara mudah bagi mereka yang jarang menulis. Kebanyakan mereka yang jarang menulis yang paling berat dirasakan adalah saat akan bergerak. Jangankan memulai 1 gerakan, berencana saja seringkali enggan.


Menulis konten blog bisa diibaratkan dengan memberi makan. Google suka dengan rajinnya kita memberi makan blog atau website kita yaitu dengan cara terus mengupdate blog. Dengan adanya konten-konten atau artikel blog kita yang selalu terupdate atau fresh content ditambah dengan kaya konten dan original, wahh google akan makin cinta kepada blog kita. Cinta ini bisa diibaratkan dengan cintanya seorang wanita kepada pria yang rajin memberikan harta kepadanya. Uppss.. maaf,, maksud saya memberi perhatian bukan harta.


Menulis dengan tema yang terpaku memang cukup sulit. Sulit bagi saya, mungkin tidak bagi teman-teman. Misalkan kita akan menulis sebuah konten bertema kesehatan atau yang lebih sulit bertemakan agama atau syariah, hal ini tentu saja sulit dikembangkan menjadi konten yang kaya. Apalagi jika penguasaan atau pengetahuan yang minim di bidang ini, maka akan sulit dijadikan konten.





Bagi saya sendiri, jika ada kendala mengenai menulis konten untuk blog-blog atau website saya, saya biasanya dengan  menerapkan teknik ATM. Teknik ATM ini merupakan singkatan dari Amati, Tiru dan Modifikasi. Teknik ATM begitu penting dan teknik inilah yang sangat mudah dilakukan untuk menganalisa sebuah kesuksesan yang telah diraih oleh orang lain. Meskipun tidak sesukses sama persis 100%, namun setidaknya kita sudah mendapatkan angin segar dan bergerak menuju kesuksesan pula.


Teknik ATM dalam menulis yang sering saya lakukan adalah dengan browsing terlebih dahulu, kemudian dipahami artikelnya. Kalau sudah tinggal dibolak-balik artikelnya, misalkan yang kalimat aktif diubah menjadi kalimat pasit. Kemudian tinggal ganti subjek dan artikel kita ubah sesuai dengan gaya kepenulisan diri kita sendiri. Selain itu dengan teknik ATM ini juga kita bisa menganalisa bagaimana sebuah blog bisa menarik pengunjung dan lebih nyaman di mata pembaca. Memang mungkin sulit untuk menerapkannya, namun sebetulnya bisa.


Bila saja kita mengcopy sama persis sebuah tulisan lalu memposting di blog kita, ini akan merugikan kita dan juga penulisa aslinya. Tindakan ini dikenal sebagai tindakan plagiarisme. Ruginya bagi kita adalah blog kita akan dianggap sebagai blog yang tidak berkualitas bahkan dianggap sebagai blog spammer sehingga blog kita bisa ditendang dari SERP atau hasil pencarian google.


Maka pentingnya bagi seorang publisher untuk mengupdate blog kita dengan konten yang kaya dan fresh. Ada rasa kesenangan dan kebahagiaan tersendiri ketika blog kita terisi oleh banyak konten. Selain itu blog kita akan disukai google. Bukan hanya google saja yang suka, pembaca setia blog kita pun suka.


Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

4 Responses to "Menulis Dengan Teknik ATM"