Cara BackUp dan Mengganti Template Blogger

Back up template menjadi hal yang wajib saat akan mengedit template. Ritual para blogger ini begitu penting dan yang harus diutamakan jika suatu saat nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalkan seperti yang pernah ku alami.



Saat mengedit atau mengoprek template secara langsung di dashboard blogger, terjadi kesalahan. Namun saat itu aku tahu lokasi kesalahannya, maka segera ku kembalikan ke settingan semula. Agar hal ini tidak terjadi pada teman-teman, maka backuplah template blogger teman-teman semua sebelum membongkar atau mengoprek settingan template blog.

Backup dianggap hal yang remeh dan sepele, padahal hal ini sangat ringan dikerjakan. Untuk teman-teman yang ingin mengedit template blognya, yukk kita backup dan simpan di tempat yang aman backup template blog kita. Apabila template blog rusak, maka kita tinggal merestore template dengan menguploadnya, maka template blog rapi kembali. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :


Cara BackUp Template Blogger


  1. Langkah pertama kita masuk dulu ke dashboard blogger kita




  2. Lalu ke menu template – lalu di sebelah kanan atas ada menu “cadangkan/pulihkan” (lihat di gambar)





  3. Klik unduh template blogspot



Nah, di atas telah kita bahas bagaimana cara backup template blogspot, maka bagaimana kalau kita ingin mengupload template baru atau mengganti template yang baru atau juga bisa merestore/mengembalikan template blogspot kita sebelumnya. Langkah-langkahnya  adalah sebagai berikut :


Cara Upload dan Mengganti Template Blogger




  1. Masuk dulu ke dashboard blogger kita




  2. Di bawah tulisan unggah template file di hard drive, klik “choose file” , lalu cari file template blogspot yang ingin kita ubah atau template blogger apapun yang kita inginkan. Template blogspot selalu berformat atau berekstensi xml,  bisa dilihat di kotak kuning di gambar berikut ini. 





  3. Kalau sudah klik “unggah”. 



  4. Selesai


Sangat mudah bukan untuk mengganti template blogspot dan juga membackupnya. Untuk mengembalikan template blogspot yang rusak atau semrawut, maka tinggal upload saja backupan template yang kita backup/simpan sebelumnya. Atau kalau terlanjur belum dibackup, tinggal ganti saja dengan template blog yang baru.

Silahkan dicoba ya. Demikianlah tutorial cara membackup template blog dan mengganti template blog dengan template yang telah kita simpan atau template blog yang baru. Selamat mencoba, semoga berhasil.



Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

9 Responses to "Cara BackUp dan Mengganti Template Blogger"

  1. Nah... Kalo aku paling takut ngutak atik blog, takut ga bisa benerin.. Hehe
    Makasih ilmunya yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 k Nia.. semoga bermanfaat ^_^

      Delete
  2. Nah ilmu lagi nih. Makasih banyak Bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Uncle Ikh... ditunggu sharingnya juga dari Unlce.. ^_^

      Delete
  3. Nah aku suka backup template kalaubpake yg baru hihi

    ReplyDelete
  4. aku sama kaya mbak nia...takut mgoprek blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya pelan2 kk Lisa,, nanti jga bisa dipahami.. ^_^

      Delete
  5. Bisa bisa bisa... Makasih ilmunya, mas.

    ReplyDelete