Kelebihan Blogspot Dibandingkan Wordpress

Bagi seorang pemula yang ingin memulai ngeblog, sebaiknya mulailah dari fasilitas yang disediakan oleh google yaitu blogger. Blogger juga dikenal dengan sebutan blogspot. Hal ini karena saat kita akan membuat blog dengan menggunakan blogger ini, maka blog kita akan ada atribut blogspot.com dalam nama blognya.

Teman-teman, mungkin saat ini masih mencari-cari dan memikirkan yang lebih bagus lagi. Ada lagi yang lebih bagus gak dari blogger ? Yang lebih mahal banyak. Slogan yang mirip dengan sebuah brand obat nyamuk ini memang pas dengan pernyataan di atas.

Kita sudah disediakan fasilitas yang prima dari google, melalui blogger tapi kok masih nyari yang sempurna. Nyari yang lebih bagus lagi. Emangnya teman-teman semua mau ditagih oleh layanan hosting setiap bulan sepertiku ?  Ini baru 1 hosting yang ku gunakan. Masih ada beberapa hosting yang ku gunakan.



Inilah konsekuensi jika kamu menggunakan layanan hosting berbayar. Selain ditagih setiap bulan, kalau pengunjung blog kita membludak maka server hosting down dan akhirnya blog kita tidak bisa diakses.


Seperti website milikku dengan hosting berbayar yang ku gunakan saat ini. Saat ini karena server hosting tak mampu menampung banyaknya pengunjung maka server down dan lumpuh.Untuk server yang lebih kuat, maka kita harus merogoh kocek lebih dalam lagi.


website punyaku down lagi dan down lagi.. 

Berbeda jika teman-teman semua menggunakan layanan gratis tapi powerful milik google ini. Blogger mampu menampung berapapun jumlah pengunjung blog kamu. Maka dari itu aku merekomendasikan teman-teman apalagi pemula agar menggunakan blogger atau blogspot ini. Di sini blogger atau blogspot tentu saja memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh platform lain. Apa saja sih keunggulan blogger dibandingkan CMS lain, misalkan wordpress.


Kelebihan Blogger VS Wordpress



  • Blogspot gak akan menagih untuk layanan hosting (Gratis)

  • Dengan layanan berapapun banyaknya data atau konten blog yang kita gunakan, blogger gak akan menagih kita atas layanan yang kita gunakan. Teman-teman mau posting berapapun artikel, gambar ataupun upload video ke blogger, tetap aja gratis.

  • Mudah digunakan (user friendly)

  • Menggunakan blogger itu sederhana banget dibandingkan wordpress. Maka dari itu sebelum terjun ke tingkat website yang lebih advance, maka latihanlah dulu melalui blogger ini.

  • Mampu menampung berapapun trafik atau banyaknya pengunjung blog

  • Selama ini belum pernah ku temui blog yang menggunakan blogspot mengalami down sehingga blog tidak bisa diakses.

  • Dalam hal SEO, blogger mampu bersaing dengan CMS lainnya

  • Blogspot mampu kok bersaing dengan platform website lainnya di SERP (search engine result page) atau hasil pencarian google. Blogspot masih bisa dimaksimalkan poin-poin SEO nya agar mampu menduduki ranking pertama di hasil pencarian google. Sudah banyak kan kita menemui banyak blog dari blogspot yang nangkring di halaman pertama google.

  • Dapat dimonetize atau diuangkan

  • Teman-teman yang suka nulis atau ngeblog, gak akan sia-sia karena hobi kalian bisa diuangkan. Yah, hobi kita bisa menjadi peluang bagi kita. Dalam blogger ini, sudah disediakan langsung menu monetize blog kita dengan adsense.  Bukan hanya penghasilan dari adsense saja, teman-teman juga bisa pasang iklan dari blog yang digunakan. 
     


  • Bisa untuk keperluan bisnis
  • Dengan blogger gratis ini, kita juga bisa memperkenalkan usaha kita atau menjual produk kita melalui blogger. Kita juga bisa menggunakan blogger ini menjadi toko online dengan template khusus yang memang disediakan untuk toko online

  • Aman banget

  • Selama ini belum pernah ada berita blogspot dihack, yang ada palingan akun yang kurang aman securitynya. Sampai saat ini belum ada kok berita dimana blogspot ada celah hacknya. Dengan itu para hacker bisa membobol platform blog ini milik google ? belum ada tuh. Berbeda dengan website yang pernah ku alami sendiri, dimana websiteku pernah dihack oleh hacker yang mengaku warga Pakistan. Nah untuk teman-teman pengguna blogspot, mari kita tingkatkan lagi keamanan blog kita.

  • Unlimited space, unlimited bandwith dan powerful

  • Gak perlu khawatir masalah disk space dimana konten-konten blog kita yang meliputi gambar, video, audio dan file-file lainnya yang memenuhi server hosting. Teman-teman gak perlu juga khawatir akan masalah bandwith yang menyebabkan koneksi internet menjadi bermasalah. Berapapun banyaknya konten atau artikel, video yang diupload ke blogger, blogger mampu mengatasi itu semua dengan spek server yang kuat dan powerful. Sehingga blog kita tetap bisa diakses dengan aman dan lancar.


Berbeda dengan wordpress. Wordpress yang dimaksud dalam hal ini adalah wordpress.org yang merupakan layanan aplikasi wordpress yang memungkinkan kita untuk menginstall sendiri website wordpress dan membutuhkan hosting. Dengan layanan tersebut, maka kita akan terbebani hal-hal berikut ini :


  • Untuk mengaktifkan website, kita membutuhkan menyewa hosting. Kita perlu menyewa hosting yang biayanya tidak sedikit

  • Membutuhkan domain. Untuk perpanjangan domain biasanya ditagihkan setiap 1 tahun sekali

  • Penggunaan cukup rumit karena banyaknya menu-menu di dalam dashboard wordpress.

  • Masalah keamanan menjadi tanggung jawab sendiri. Menggunakan platform lainnya misalkan wordpress, kita mesti bersiap-siap jika ada seorang penyusup yang bisa masuk ke website kita dan mengubah script dan tampilan website kita.


Dari yang diulas di atas mengenai keunggulan blogger, bukan berarti blogger atau blogspot di atas segala-galanya dibandingkan wordpress. Tentu saja, wordpress juga memiliki banyak keunggulan atau kelebihan-kelebihan yang tidak dimiliki oleh blogger. Untuk membahas kelebihan wordpress dibandingkan blogger atau blogspot, akan segera diupdate di artikel selanjutnya. Tetap stay di sini ya teman-teman.

Demikianlah ulasan singkat mengenai kelebihan blogspot dibandingkan wordpress. Untuk teman-teman yang ingin memulai blogging, maka mulailah dari blogger ini. Udah gak bayar, gratis, bisa latihan coret-coret menyalurkan hobi dan juga bisa dapet uang lagi. Cukup sekian dulu ya,, terima kasih..



Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

8 Responses to "Kelebihan Blogspot Dibandingkan Wordpress"

  1. Saya pake 2-2 nya Mas tran... Tp fokus ke blogspot aja deh, hhee... Mksii ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. pakai blogspot juga asik kok ka Ciani.. hehe

      Delete
  2. Baik master. Ini masih belajar...
    Baru belajar ngisi..hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. plis... aku newbie.. sama2 belajar ya ^_^

      Delete
  3. Wah baru tahu, terimakasih ilmunya mas tran

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 kk Wid.. ditunggu sharingnya dari kk juga ya..

      Delete
  4. Wah...
    Ka Ran tipsnya keren

    Seikat rasa terima kasih atas ilmu yang dibagi Ayska ucapkan untukmu, Kaka Ran

    Ahihi

    Dih, Ayska mah.
    Seikat doang, yang banyak dong...

    Ahaha
    Maafkan, maafkan
    Seikat isi banyak, hii

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 dek,, smoga bermanfaat ya..

      Delete