Mau Update Android ? Pikir-Pikirlah Dulu

Teman-teman pengguna smartphone android tentu saja seringkali mendapatkan notifikasi upate atau pembaruan sistem operasi pada smartphone yang digunakan. Untuk update sistem operasi android ini kebanyakan dan rata-rata file updatenya sebesar ratusan MB. Setiap kali kita mengabaikan notifikasi update semacam ini, maka akan muncul lagi dan muncul lagi. Hal ini  memang cukup mengganggu. Daripada mendapatkan notifikasi update terus-terusan yang mengganggu pandangan kita karena bercampur dengan notifikasi lainnya maka hal ini membuat tangan kita gatal untuk mengklik update.

Kebanyakan para pengguna android dengan mengupdate androidnya berharap mendapatkan hal-hal seperti ini :

  1. Kinerja hardware menjadi lebih baik
  2. Bug-bug yang ada pada smartphone bisa teratasi dengan adanya update
  3. Security menjadi lebih baik dan lebih aman
  4. Kinerja aplikasi yang berjalan akan menjadi lebih smooth dan responsif
  5. Baterai menjadi lebih awet

Namun dengan upate android, apa kita bisa mendapatkan hal-hal di atas ? 



Teman-teman mungkin ada perasaan tak ingin ketinggalan atau mungkin berpikir bahwa dengan adanya pembaruan OS android ini maka kinerja smartphone akan menjadi lebih baik. Benarkan demikian ?  

Bisa setiap bulan kita atau jangka waktu tertentu kita mendapatkan pemberitahuan mengenai update android. Karena koneksi internet di tempatku unlimited dan kencang hingga 20Mbps, kadang aku enggan untuk mengupdate smartphone androidku. Ini dikarenakan aku sudah cukup puas dengan versi OS yang sebelumnya. Namun karena ada notifikasi update yang sempat ku tahan untuk melakukan update, maka akhirnya ku update smartphone yang ku gunakan saat ini.

Dengan koneksi yang cukup kencang, maka ku update versi android ini dengan file update sekitar 300an MB. Tak menunggu lama, setelah proses update selesai, lalu hp melakukan reboot secara otomatis. Memang ada juga yang meminta kita untuk melakukan reboot / restart secara manual. Setelah reboot dan layar menyala akhirnya muncul juga logo versi android. Ini kok lama banget gak nyala-nyala, pikirku. Update android ini gak bisa booting dengan baik, stuck di logo ini.




Ku tunggu dengan sabar, eh ternyata sudah 1 jam lebih kok belum nyala-nyala hp-nya. Cuma logo versi android saja yang muncul. Lalu ku pegang hpku, wahh panas banget. Lalu matikan sejenak selama beberapa jam. Setelah tidak start up dengan normal, menunggu tak kurang dari 1 ½ jam maka bisa diambil kesimpulan bahwa hp ku mengalami bootloop. Bootloop adalah keadaan dimana android pada smartphone kita  tidak dapat melakukan booting atau start-up dengan baik, sehingga kita tidak dapat masuk ke menu utama smartphone kita.

Setelah ku matikan hp ku selama sekitar ½ jam, lalu ku nyalakan kembali. Ku tunggu beberapa puluh menit, namun masih belum bisa start up. Maka jalan satu-satunya untuk mengatasinya adalah hp harus diflash ulang. Tepat di hari Jumat, sebelum berangkat jumatan lalu ku buka computer dan ku download semua file-file yang diperlukan. 

Pulang jumatan baru ku kerjakan lagi. Setelah file-file yang diperlukan sudah siap maka flashing sudah siap dilakukan. Sempat ada kendala, namun semua bisa diatasi di hari yang berkah ini.
Android pada smartphone yang ku gunakan sebelumnya adalah kitkat 4.4. Kali ini aku menginstall OS android bukan kitkat dan juga bukan lollipop. Lalu ?? 

Bersambung di cerita selanjutnya ... Lebih Memilih Android Marshmallow Daripada Kitkat



Mau terus dapat informasi terbaru dari aku ? Subscribe Blog Ini yahh.. :

9 Responses to "Mau Update Android ? Pikir-Pikirlah Dulu"

  1. Wah... Keren, nih.
    Pandailah kaka soal gini-ginian.

    Ainayya mana bisa.
    Paling juga langsung serahin ke ahlinya. Service. :D

    Dekat ka Ran, mungkin boleh gratis kali, ya. Ahaha
    #canda, kaka... Hii

    ReplyDelete
  2. De Ayska juga bisa kok.. eh boleh gratis, asal gak sering2.. hihihiw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh, jangan sering-sering dah. Kasian si ponsel, belom ada gantinya... Ahihi

      Delete
  3. Betul mas, kita harus benar-benar dipikirkan terlebih dahulu. Dari pengalaman teman saya kemarin karena kurang hati-hati dan dipikirkan, sampe sekarang belum bisa nyala androidnya. Padahal hanya gara2 kesalahan yang spele, jadi fatal.

    Thank artikelnya mas..
    Btw, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal kembali mas Andi.. sebelum update ada baiknya dibackup file2 yang pentingya ^_^

      Delete
  4. Datanya aman dan ndak terganggu, kan bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah diflashing seperti ini udah hilang semua Kak Na, kecuali data2 yg tersimpan di memory eksternal .. jadi backup secara berkala datanya apalagi sbelum diupdate ^_^

      Delete
  5. Replies
    1. otomatis update kah ? ehmm, baiknya disetting kembali agar updatenya manual agar kita bisa lbih waspada dengan backup file penting sblum update

      Delete